Menhub: Kereta Bandara dari Tanjung Karang ke Branti Lampung 19 Menit

LAMPUNGONLINE – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bakal ada kereta bandara di Lampung.

Kereta tersebut bakal terhubung dari Stasiun Tanjung Karang, Bandar Lampung ke Bandara Radin Inten II (Branti) di Lampung Selatan, Lampung.

Budi Karya menjelaskan saat ini waktu tempuh dari Tanjung Karang ke bandara dengan jarak sekitar 19 kilometer (km) memakan waktu hingga 1 jam.

Dengan adanya kereta bandara, nantinya waktu tempuh akan terpangkas menjadi sekitar 19 menit.

“Nah kalau itu jadi, ini dari sini (Tanjung Karang) ke bandara yang jaraknya sekitar 19 km berarti bisa 19 menit. Kalau kita naik mobil itu bisa 1 jam,” kata Budi di Stasiun Tanjung Karang, Bandar Lampung, Minggu (30/6/2019).

Ide tersebut pun sudah disampaikan pihak Kementerian Perhubungan dan meminta pemerintah daerah (pemda) setempat, serta PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk menindaklanjutinya.

“Sekarang ini sudah kita cetuskan idenya. Saya minta dalam 1 tahun ini PT KAI dan pemda untuk menyelesaikan beberapa tempat. Sementara ini kita pakai 1 jalur dulu, terutama saya minta dibebaskan di jalur bandara,” jelas Budi, dilansir detikcom.

Dijelaskannya, di Lampung sudah tersedia jaringan kereta api. Jadi dalam prosesnya tinggal menyiapkan lahan untuk pengembangan lebih lanjut. Tanahnya sendiri dimiliki oleh pemerintah.

Setelah itu, Budi mengatakan rencana berikutnya yakni melakukan pengadaan rolling stock atau gerbong-gerbong keretanya.

“Kemudian melakukan pengadaan rolling stock, gerbong-gerbong,” ujar dia. (*)

 

FOTO: Bandara Radin Inten II (Branti) Lampung | Foto: Istimewa

Next Post

Menhub Rencanakan KA Penumpang di Bandar Lampung, KA Barang Dialihkan Keluar

Ming Jun 30 , 2019
LAMPUNGONLINE […]